Sekilas Tentang Kayu Batam

Dari zaman dahulu, manusia tidak bisa hidup tanpa menggunakan alat. Alat digunakan manusia untuk memudahkan pekerjaan mereka. Sejak zaman prasejarah, manusia purba pada waktu itu mulai menggunakan tulang belulang hingga bebatuan sebagai alat untuk memecah sesuatu dan berburu. Keberadaan alat terus berkembang seiring zaman, seiring perkembangan otak dan pikiran manusia yang semakin maju. Pada saat ini, alat tidak hanya digunakan untuk kepentingan berburu seperti yang digunakan manusia purba puluhan ribu tahun yang lalu. Peralatan modern pun bermacam-macam, tidak hanya digunakan untuk memecah benda yang keras saja. Jika pada zaman dahulu, peralatan yang digunakan hanya terbuat dari bebatuan dan tulang belulang saja, maka pada zaman modern ini kita bisa menemukan peralatan yang terbuat dari bahan yang bermacam-macam. Namun, kebanyakan peralatan yang sering kita temukan sehari-hari biasanya merupakan peralatan yang terbuat dari kayu hingga peralatan yang berbahan dasar besi dan baja, atau pun kombinasi dari besi dan kayu. Contoh peralatan dari besi dan kayu atau kombinasi dari keduanya yang bisa kita temukan sehari-hari diantaranya yaitu cangkul, palu, spatula, dan peralatan lainnya. Kedua bahan ini dijadikan bahan dasar karena mudah ditemukan dan banyak dijual di pasaran.

Kayu tersendiri sedari zaman dahulu memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Kayu bisa digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat alat transportasi seperti kereta kuda dan gerobak. Kayu juga bisa dijadikan bahan dasar rumah, seperti pondok. Pada zaman modern seperti sekarang pun kita masih bisa menjumpai rumah atau bangunan yang sebagian besar bagiannya terbuat dari kayu. Kayu yang digunakan pun bukan kayu sembarangan, tetapi kayu yang keras dan tahan lama. Bagi mereka yang hidup di wilayah yang mengalami musim dingin seperti wilayah Eropa, keberadaan kayu pada musim dingin sangat penting. Dengan desain rumah yang memiliki cerobong asap, kayu digunakan sebagai penghangat ruangan dengan cara membakarnya di perapian. Selain dibakar, rumah yang terbuat dari kayu bisa memberikan kehangatan ketika musim dingin tiba. Oleh sebab itu, kita sering menemukan rumah terbuat dari kayu di negara-negara yang mengalami musim dingin.

Perusahaan kayu di Batam juga digunakan sebagai bahan dasar furnitur, seperti rak, lemari, meja, kursi, pintu, dan lainnya. Tentu bukan hal yang sulit dalam menemukan tukang kayu. Kota Batam merupakan merupakan salah satu kota yang memiliki banyak toko kayu. Kayu Batam biasanya berasal dari hutan-hutan di Sumatra dan Kalimantan. Dengan letak pulau dan kota Batam yang strategis karena berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, Kayu Batam juga bisa diekspor ke negara tetangga tersebut. Olahan kayu Indonesia sendiri menjadi komoditas ekspor yang penting bagi Indonesia karena pasarnya sangat menggiurkan. Toko kayu Batam sendiri tersebar di seluruh kota Batam. Masyarakat Batam dan sekitarnya yang membutuhkan kayu untuk keperluan tertentu akan dimudahkan dengan kehadiran toko kayu Batam yang jumlahnya tidak sedikit.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *